Jumat, 27 April 2012

Quark,Teman Baruku

 Bismillah...
Alhamdulillah, Allahummashalli 'ala Muhammadin wa'ala aalihi washahaabatihi wa man tabi'ahum bi ihsan ilaa yaumil qiyaamah.

Segala puji bagi Allah yang masih menitipkan hidayah Islam dan keimanan sehingga kita masih bisa berada di jalanNya.

14 April 2012, Allah menakdirkanku bertemu dan memiliki teman baru di gedung Makassar Trade Centre lantai 3. Teman yang tentu saya memang saya butuhkan. Dia bernama Quark.
Sebuah netbook ASUS berwarna silver, berprocessor AMD Vision, dan berukuran 11.6". Tentu saja ini kesyukuran yang sangat besar. Meskipun spesifikasinya standar dengan RAM 2GB dan hardisk 320GB, ini sangat lumayan untuk saya yang tidak bisa lepas dari dunia ngetik2 dan desain grafis (versi amatir). Well, btw, netty ini adalah hadiah dari ibu. Hehe... Padahal hadiah yang sama sudah pernah diberikan tahun 2008 silam. Tapi ukurannya lebih besar, leppy ACER black 14" berprocessor Intel Celeron, RAM 512MB, dan hardisk 250GB. Belakangan, di tahun 2010 leppy-ku rusak. Hardisk terbakar, setelah diganti, plus tambah RAM, mainboardnya lagi yang rusak. Padahal secara fisik, masih mulus. Tapi alhamdulillah, 2010 itu adik saya masuk kuliah sedangkan dia juga punya netty. Akhirnya persoalan sarana untuk menyelesaikan final task bisa diatasi. 

Back to Quark, sebenarnya beberapa hari lalu saya hampir menukarnya di counter tempat beli. Saya sedikit kurang sreg dengan screen frame-nya yang agak longgar. Tapi ternyata, tidak bisa ditukar. Katanya itu memang dari produsennya. Yah sudahlah, ini yang terbaik insyaAllah. Semoga Allah menjaganya agar bisa digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat. Kali ini kudu dirawat baik-baik. Jangan seperti dulu, berpindah dari tangan satu ke tangan yang lain, dan akhirnya rusak total. Apalagi, sekarang alhamdulillah saya masih nganggur (Sebenarnya tidak juga, karena profesi saya adalah pembantu rumahtangga di rumah orangtua, tapi sekarang masih cuti -melobi untuk tinggal di Makassar beberapa hari lagi-). 
Saya hampir lupa memperkenalkan teman lamaku yang masih setia, "Lepton". Hardisk eksternal berwarna merah maroon-hitam kapasitas 250GB yang selalu menemaniku semenjak leppyku rusak. Bagiku, dialah komputerku. Free memory-nya yang tersisa tinggal sedikit. Atas izin Allah, Quark dan Lepton, semoga bisa membantuku mencari dan memberi manfaat yang banyak kepada orang lain. Aamiin

Catatan: 
Quark = Senang saja dengan nama ini. Tapi Quark sendiri sebenarnya adalah salah satu nama partikel elementer penyusun materi (dalam ilmu Fisika Partikel)
Lepton = Ini juga nama teman dari Quark, bersama-sama dengannya membentuk materi. Awalnya, HD eksternal itu saya beri nama "Rock", dari merek covernya. Tapi, berhubung Rock adalah nama salah satu aliran musik, saya urung niat memberi nama Rock dan akhirnya pilihan saya jatuh pada Lepton

Kalo nanti insyaAllah dapat gadget baru, saya akan memberi nama Meson, Baryon atau Hadron. Bukan tidak mau menggunakan istilah-istilah arab, tapi saya minim vocab bahasa Arab. Dan tidak mungkin saya buatnya asal-asalan. Adapun nama-nama ini, agar mengingatkan saja dengan istilah-istilah fisika yang sudah lama saya tinggalkan.
'Ala kulli haal, semua yang Allah berikan harus disyukuri dengan cara menggunakannya dalam hal-hal yang memberi manfaat. Semoga Allah memudahkan. Aamiin....^__^